Pekan Sosialisasi Masal

Diposting oleh Solo Mata Jawa | 23.14

PNPM Mandiri Perkotaan Kelurahan Jebres Surakarta

Tahapan Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perkotaan (PNPM MP) senantiasa diawali dengan tahap sosialisasi. Sosialisasi awal yang dilaksanakan pada saat masuknya PNPM MP di Kelurahan Jebres perlu dilanjutkan dengan sosialisasi terus menerus dan berkesinambungan.

Salah satu kegiatan yang mendukung pengenalan PNPM MP kepada masyarakat luas di Kelurhan Jebres terutama kepada sasaran PNPM MP adalah dengan “Pekan Sosialisasi Massal”.

Pelaksanaan Pekan Sosialisasi Massal ini bertujuan; Pertama, media memperluas informasi kepada seluruh mayarakat. Kedua, pendukung kegiatan sosialisasi awal di tingkat kelurahan. Ketiga, sarana memperkenalkan PNPM MP secara lebif vareatif. Keempat, langkah awal mendorong ketertarikan masyarakat mengetahui lebih lanjut tentang PNPM MP dengan harapan timbulnya keterlibatan masyarakat dalam rangkaiaan pelaksanaan PNPM MP.

Agar diperoleh hasil kegiatan yang memuaskan perlu dilakukan persiapan-persiapan dan perencanaan yang matang. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah koordinasi dengan Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-64 Kelurahan Jebres. Kegiatan koordiansi yang dilaksanakan pada; Kamis, 6 Agustus 2009 jam 20.00 WIB di Pendapi Alit Kelurahan Jebres menyepakati hal-hal sebagi berikut: (1) LKM Mitra Sejahtera Kelurahan Jebres diberi kesempatan terlibat dalam kegiatan Jalan Sehat yang akan dilaksanakan pada; Minggu, 16 Agustus 2009 mulai jam 06.00 WIB. (2) LKM Mitra Sejahtera menyiapkan; 2 buah hadiah seharga @ Rp 100.000,- dan 4 buah hadiah seharga @ Rp 50.000,- (3) LKM Mitra Sejahtera diberikesempatan memasang dua buah vertical banner di kiri kanan panggung. (4) Proses undian dan pengambilan Hadiah diserahkan LKM Mitra Sejahtera (diberi waktu sekitar 20-30 menit).

Kegiatan Jalan Sehat di Kelurahan Jebres dilaksanakan pada: Kamis, 16 Agustus 2009 dengan mengambil start-finish di depan Pendapi Alit Kelurahan Jebres berlangsung cukup meriah karena mendapat apresiasi warga, tidak kurang dari 2.000 orang menghadiri kegiatan rutin tahunan itu. Walaupun jika dibanding tahun-tahun sebelumnya mengalami penurunan jumlah peserta.

Dalam kata sambutannya Drs Tamso (Kepala Kelurahan Jebres) mengajak warga Kelurahan Jebres untuk senantiasa menggelokaran semangat nasionalisme dan cinta tanah air serta menginformasikan kepada peserta mengenai cara pendaftaran Jalan Sehat yang menggunakan photo copy KTP atau identitas lainnya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan kupon.

Pengibaran bendera start yang dilakukan Drs Tamso (Kepala Kelurahan Jebres) didampingi Honda Hendarto (Ketua LPMK), Tri Sapto Handoyo (Ketua Paguyuban RW) dan Teguh Sarosa (Ketua Panitia HUT RI) berlangsung tapat jam 07.00 WIB.

Jarak tempuh sekitar 4 km dengan route; sepanjang jalan Depan RS Pusat Dr Moewardi - ISI Solo - Petoran dan Polsektabes Jebres dapat berlangsung tertib dan lancar karena dipandu langsung oleh Linmas dan Polmas serta panitia.

Pada saat pengundian hadiah, peserta yang meluber hingga jalan di depan Pendapi Alit berjalan tertib dan semakin meriah karena disuguhi Musik Campursari Chandra Nada.

Hadiah Utama berupa Mesin Cuci (Ir Joko Widodo, Walikota Surakarta), TV Berwarna 21” (FX Hadi Rudyatmo, Wawali), Sepeda Gunung, TV Berwarna 19”, DVD, Rice Cooker dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

LKM Mitra Sejahtera yang mendapat waktu sekitar 30 menit memanfaatkan momen Jalan Sehat untuk memberi informasi dan melakukan sosialisasi sambil melakukan dalog interaktif dengan peserta. Enam pertanyaan yang dilontarkan Kun Prastowo, Anggota LKM Mitra Sejahtera yang memandu acara dapat dijawab dengan baik oleh peserta.

Contoh pertanyaan yang alontarkan, seperti; Apa kepanjangan dari PNPM MP, LKM, Apa nama LKM di Kelurahan Jebres, Apa kepanjangan Gerbang Gakin Juritera dan dua peserta yang memberi komentar tentang pelaksanaan PNPM di Kelurahan Jebres.

Walaupun dapat berlangsung baik dan lancar, namun Pekan Sosialisasi Massal ini masih menghadapi kendala, diantaranya; waktu persiapan yang mepet, sehingga tidak dapat merancang kegiatan agar lebih maksimal. Peserta Jalan sehat tidak merata, tidak semua warga Basas/RW mengikuti. Dari 36 Basis/RW di Kelurahan Jebres, sekitar 12 Basis/RW tidak mengkiuti karena lokasi start finish yang cukup jauh dan adanya kegiatan yang sama (Jalan Sehat) di beberapa Basis/WR pada waktu yang bersamaan.

Lebih efektif bila sosialisasi melibatkan warga di masing-masing Basis/RW, disamping lebih interaktif, juga akan lebih lama ketersediaan waktu. Materi yang disampaikan juga lebih luas. Perlu dilakukan penyesuaian masing-masing LKM (kelurahan) agar sosialisasi bisa tepat sasaran. Perlu penambahan anggaran, minimal 100.000 tiap-tiap Basis/RW.

0 komentar